Tips Memilih Agensi Digital Marketing untuk Bisnis Kamu

Digital marketing adalah upaya pemasaran produk atau jasa menggunakan berbagai channel online dan jaringan internet. Misalnya dengan pembuatan website, Social Media Marketing, Search Engine Advertising (SEA), Search Engine Optimization (SEO), Email Marketing, Content Marketing, dan masih banyak yang lain.
Digital marketing juga banyak digunakan sebagai langkah awal untuk membangun reputasi dan citra bisnis. Serta sebagai strategi untuk memperkenalkan bisnis mereka kepada banyak orang.
Namun, banyak para pebisnis yang kesulitan melakukan digital marketing sendiri. Mungkin karena mereka belum pernah melakukan sebelumnya atau tidak memiliki waktu untuk belajar berbagai hal mengenai digital marketing.
Sehingga kebanyakan mereka memanfaatkan jasa yang disediakan oleh Agensi Digital Marketing. Apa itu agensi digital marketing? Agensi mana yang bisa saya gunakan? Dan bagaimana cara memilih agensi digital marketing yang tepat?
Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.
Apa itu Agensi Digital Marketing?
Agensi digital marketing adalah perusahaan yang membantu klien mereka dalam merancang, mengelola, maupun membuat kegiatan pemasaran secara online atau digital.
Jasa yang disediakan meliputi jasa pembuatan website, aplikasi, Search Engine Marketing (SEM), Display Advertising, Branding, Social Media Marketing, Social Media Management, Content Marketing, dan masih banyak yang lain.
Biasanya setiap agensi digital marketing menyediakan jasa yang berbeda-beda, ada yang menyediakan jasa pembuatan website, aplikasi, SEM, dan social media marketing. Ada juga yang menyediakan jasa pembuatan website dan content marketing saja.
Contoh Agensi Digital Marketing
SKO Indonesia adalah full service digital marketing agency yang akan memenuhi segala kebutuhan marketing brand kamu. SKO Indonesia menyediakan jasa pembuatan website, Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Advertising (SEA), Social Media Management, Jasa Pembuatan Aplikasi, dan Jasa Copywriting.
Dengan pengalaman SKO Indonesia selama lebih dari 5 tahun, SKO Indonesia akan menemukan sesuatu yang unik di brand kamu. Menganalisa dan mencoba mengikuti apa sebenarnya yang disukai dan dicari oleh audiens kamu, sehingga customer kamu semakin loyal kepadamu.
Apapun tujuan bisnis kamu, jasa yang disediakan SKO Indonesia akan membantu kamu mencapainya. Tinggal hubungi kontak SKO Indonesia dan lakukan diskusi gratis terlebih dahulu.
SKO Indonesia merupakan agensi digital yang berasal asli dari Indonesia dan kini membuka kantornya di Cinere, Jawa Barat.
Apa Saja yang Dilakukan Agensi Digital Marketing Untuk Bisnis Kamu?
Setiap agensi digital marketing menawarkan jasa yang berbeda-beda, sehingga strategi digital marketing yang dilakukan juga akan berbeda-beda. Dibawah ini beberapa hal yang biasa dilakukan oleh kebanyakan agensi digital marketing.
Menemukan Strategi Digital Marketing yang Tepat
Setiap bisnis memiliki tujuan bisnis yang berbeda-beda, sehingga dibutuhkan strategi digital marketing yang berbeda-beda pula. Misalnya bisnis A membutuhkan strategi SEO untuk membuat website mereka mudah ditemukan pada mesin pencarian.
Nah berbeda dengan bisnis B yang membutuhkan social media management agar konten pada akun Instagram bisnis mereka selalu up to date.
Biasanya agensi digital marketing akan memberikan usulan mengenai strategi yang paling efektif dan efisien untuk dilakukan. Serta membantu kamu dalam melakukan perencanaan, pembuatan, hingga mengelola strategi digital marketing bisnis kamu.
Memperkuat Bisnis dengan Membuat Website yang Powerfull
Pembuatan website perusahaan sangat penting untuk memperkenalkan produk atau jasa secara lengkap dan detail kepada calon konsumen. Website yang dirancang dan dibuat secara profesional dan powerfull akan membantu kesuksesan bisnis kamu di era digital.
Website juga akan menjadi alat untuk menjangkau potensial customer secara online, sehingga membantu meningkatkan penjualan produk atau jasa yang kamu tawarkan.
Membuat Website Mudah Ditemukan pada Mesin Pencari Melalui Optimalisasi SEO
Setelah membuat website yang powerfull, diperlukan optimalisasi SEO (Search Engine optimization) agar website atau bisnis kamu dapat muncul di mesin pencarian (Google) dengan mudah.
Ada beberapa strategi SEO yang biasa dilakukan, seperti membuat konten yang berkualitas, membuat judul konten yang menarik, riset keyword untuk menemukan kata kunci yang tepat untuk konten website, mengatur meta tag, dan masih banyak yang lain.
Optimasi Tingkat Pencarian Website Kamu dengan Jasa Iklan Google Ads
Memiliki website yang mudah ditemukan pada halaman pertama pencarian Google, menjadi impian setiap pemilik website (pebisnis). Saat website kamu muncul pada halaman pertama mesin pencarian google, maka semakin besar peluang website tersebut akan diklik dan dibuka oleh pengunjung.
Salah satu cara yang dilakukan yaitu melalui Google Ads (beriklan di google). Google Ads akan membuat website kamu muncul dihalaman pertama hasil pencarian Google dengan mudah.
Kamu juga bisa mengatur budget yang digunakan dengan menyesuaikan budget marketing dan target dari bisnis kamu.
Meningkatkan Brand Awareness melalui Sosial Media Ads
Mengingat banyaknya pengguna media sosial saat ini, social media ads tentunya akan membantu meningkatkan brand awareness bisnis kamu.
Akan ada banyak orang yang akan mengenal bisnis kamu melalui media sosial yang mereka gunakan. Baik itu melalui Facebook Ads maupun Instagram Ads.
Meningkatkan Kredibilitas Bisnis dengan Pengembangan Konten yang Baik
Kebanyakan calon konsumen lebih tertarik untuk membaca konten yang berkualitas dan memberikan manfaat bagi para pembacanya.
Rasa kepercayaan mereka juga akan meningkat melalui artikel yang terdapat pada website bisnis kamu. Sehingga pada akhirnya akan mengkonversi mereka menjadi pembeli.
Social Media Management untuk Mempresentasikan Bisnis
Social media management artinya mengelola akun sosial media bisnis, seperti memberikan ide marketing, konten (photo dan video), caption, analisa kompetitor, dan trend media sosial.
Melalui social media management, konten pada akun media sosial kamu akan selalu up to date. Kamu juga bisa menentukan gaya bahasa yang tepat, konten yang tepat untuk mempresentasikan bisnis kamu.
Tips Memilih Agensi Digital marketing yang Tepat
Berikut 7 tips memilih agensi digital marketing yang tepat untuk bisnis kamu.
1. Analisa Website Agensi
Ketika kamu melihat sebuah website agensi digital marketing, cobalah untuk menganalisanya terlebih dahulu. Apakah website mereka menyediakan fitur yang lengkap, up to date, dan tampilan yang menarik?
Jika mereka memiliki yang website mampu mempromosikan bisnisnya dengan baik, maka mereka juga bisa mempromosikan bisnis kamu. Oleh sebab itu, menganalisa sebuah website agensi sangat penting untuk dilakukan, guna mengetahui apakah agensi tersebut nantinya bisa bekerja secara profesional atau tidak.
2. Pelajari Profil Perusahaannya
Setelah melihat website mereka, kamu juga perlu mengenal latar belakang perusahaannya, dimana lokasinya, alamat perusahaan yang jelas, ada nomor kontaknya, mudah dan bisa dihubungi.
Coba cek di kolom profil atau biasanya agensi membuat satu halaman khusus untuk menjelaskan identitas mereka. Apabila mereka memang sebuah agensi digital yang profesional, informasi yang ditampilkan sangat detail dan dapat dipercaya.
3. Layanan atau Jasa yang Disediakan
Selanjutnya, kamu juga harus mengetahui secara jelas layanan atau jasa apa saja yang disediakan oleh agensi tersebut. Apakah sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu dan budget yang akan dikeluarkan?
Pada bagian ini, kamu juga bisa melakukan diskusi terlebih dahulu dengan salah satu sales agensi tersebut. Atau hubungi kontak person yang tersedia di website.
4. Portfolio Klien
Jika berkunjung ke sebuah website agensi digital marketing, salah satu bagian yang pasti kamu lihat adalah portofolio kliennya.
Disana kamu bisa mengetahui apakah portofolio yang ditampilkan benar-benar agensi tersebut yang mengerjakannya atau tidak.
5. Memberikan Layanan yang Baik
Mendapatkan pelayanan yang terbaik merupakan hal yang paling diinginkan oleh setiap klien, begitupun saat menggunakan jasa agensi digital marketing. Sehingga saat berkomunikasi dengan mereka, apakah layanan yang mereka berikan memuaskan atau justru membuat kamu tidak nyaman ketika berkomunikasi dengan mereka.
6. Ketahui Model Bisnis yang Digunakan
Setiap agensi digital marketing mempunyai model bisnis yang berbeda-beda, ada yang memberlakukan biaya berdasarkan per servis, per jam kerja, dan per proyek. Sehingga bisa menjadi faktor pertimbangan kamu untuk biaya yang akan kamu keluarkan.
7. Cari Tahu Metode dan Teknologi yang Digunakan
Kamu bisa coba mencari tahu metode dan teknologi apa yang biasanya digunakan oleh agensi digital marketing tersebut. Apakah metode dan teknologi itu bisa membantu membangun branding bisnis, serta membantu mencapai tujuan bisnis yang kamu inginkan. Misalnya sebuah agensi digital marketing yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk meningkatkan layanan pelanggan pada bisnis kamu, yakni melalui chatbot. Kemudian perkirakan, apakah bisnis kamu membutuhkan chatbot atau tidak.
Nah, itulah 7 tips memilih perusahaan agensi digital marketing agar kamu tidak memilih agensi yang salah. Jika kamu membutuhkan jasa agensi digital marketing yang terbaik dan sudah berpengalaman, SKO Indonesia merupakan pilihan tepat.
SKO Indonesia adalah full service digital marketing yang telah membantu menyukseskan berbagai bisnis, tidak terkecuali untuk bisnis kamu. Apapun tujuan bisnis kamu, SKO Indonesia memiliki strategi yang tepat untuk mewujudkannya. Kamu juga bisa melihat Portofolio SKO Indonesia untuk melihat beberapa hal yang SKO Indonesia lakukan untuk klien mereka. Jika kamu tertarik, kamu juga bisa melakukan konsultasi gratis terlebih dahulu dengan salah satu team SKO Indonesia , hubungi Kontak SKO Indonesia sekarang!